Klikfakta.id, TERNATE — Siswa Setukpa Polri Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke-53 gelombang ke satu tahun 2024 memberikan edukasi kamtibmas bersama pemerintah Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate,  Maluku Utara.

Kegiatan tersebut disambut baik pihak Pemerintah Kecamatan, guna untuk mendukung situasi Kamtibmas yang kondusif jelang pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.

Dikesempatan ini Ketua Kelompok Latja Polsek Ternas Selatan Siswa Said Tuju menyebut pentingnya kolaborasi antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan.

Tak hanya itu dia juga mengucapkan Terimakasih dan apresiasi bagi pemerintah kecamatan Ternate Selatan yang telah berkenan menerima kunjungan Siswa SIP yang melaksanakan Latja di Polsek Ternate Selatan.

Jadi pelaksanaan kegiatan ini adalah merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Latja yang telah ditetapkan dalam kurikulum Lemdik.

“Mohon dukungan bagi pihak Kecamatan Ternate Selatan sehingga pelaksanaan Latja dapat berjalan dengan baik,” ucapnya, Kamis (25/7/2024).

Dia juga meminta kepada masyarakat untuk tidak takut melapor jika terjadi gangguan kamtibmas di wilayahnya.

“Kami memastikan polisi akan hadir melayani setiap keluhan masyarakat,” jelasnya.

Terpisah, Kasi Trantip Kecamatan Ternate Selatan, Yusuf Idris mewakili Camat Ternate Selatan mengaku potensi gangguan di wilayah Ternate Selatan cenderung fluktuatif, masih didominasi oleh kejahatan Konvensional.

Situasi Kamtibmas dapat meningkat jelang pelaksanaan Pilkada serentak, hal ini berkaca pada sejarah konflik Pilkada yang pernah terjadi khususnya di wilayah Ternate Selatan.

“Tentu kami juga berterima kasih atas kunjungan dari siswa Setukpa Polri Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke-53 gelombang I tahun 2024.

Yang sudah memberikan edukasi tentang kamtibmas jelang Pilkada khusus di Kecamatan Ternate Selatan sebagai salah satu Latja untuk kurikulum Lemdik,” katanya.

Sementara itu Siswa Harbun Fatmona selaku pemateri menambahkan pada kegiatan Latja di pemerintah Kecamatan Kot Ternate Selatan ini materi yang disampaikan tidak lain yakni Crime Prevention.

Tidak lain diantaranya upaya pencegahan di wilayah hukum Polsek Ternate Selatan dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif jelang pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024.

Dengan materi yang disampaikan kata alumni S1 dan S2 fakultas hukum Universitas Khairun Ternate ini semoga masyarakat khusus di Kecamatan Ternate Selatan bisa.

Dapat melakukan upaya-upaya baik secara preemtif, preventif, maupun represif demi terwujudnya keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat.

“Intinya masyarakat bisa dapat cegah upaya kejehatan jelang Pilkada 2024 lebih khusus di wilayah Ternate Selatan,” kata Harbun pria kelahiran Sanana.

Dia menjelaskan kegiatan Latja ini secara keseluruhan 2.000 orang, untuk pembagian ke Polda Maluku Utara sebanyak 18 orang.

Untuk Polres Ternate terbagi mulai dari Polsek Ternate Utara sebanyak 8 orang, Polsek Ternate Selatan 10 orang.

Dia juga menyebut ucapan terima kasih Bintara GEL II TAHUN 2004 ZED-STP ke pimpinan Polres Ternate dalam hal Kapolres.

Begitu juga Kapolsek Ternate Selatan hingga pihak pemerintah Kecamatan Ternate Selatan yang sudah menerima para siswa SIP angkatan ke-53 gelombang I yang melakukan Latja ini.

“Tidak lupa kami ucapkan terima kasih kepada bapak Kapolres, bapak Kapolsek dan Camat Ternate Selatan,” pungkasnya.(hms/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *