Klikfakta.id, GOSOWONG– Kebijakan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) soal efisiensi mendapat dukungan penuh dari para pemangku kepentingan, terutama Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara.

Hal ini dibuktikan saat kunjungan Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) ke Tambang Emas Gosowong pada Sabtu 4 Mei 2024 lalu.

Tim Forkopimda yang hadir antara lain Bupati Halmahera Utara, Ir. Frans Manery, Sekretaris Pemda Erasmus Josep Papilaya, Kapolres Halut AKBP Zulfikar Iskandar, Dandim Tobelo 1508 diwakili Kasdim Mayor Inf. Rusmin Nuryadin, Ketua DPRD Halmahera Utara Janlis Kitong dan Wakil Ketua DPRD Inggrid Paparang, Wakil Ketua DPRD Samsul Bahri, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ir. Jeffry Rudi Hoata serta Kepala Kejaksaan Negeri Tobelo M. Ahsan Tamrin.

Pertemuan ini bertujuan menjalin komunikasi yang utuh dan meminta nasehat dari pemerintah sebagai penasehat bagi NHM serta membangun silaturahmi dengan para pemangku kepentingan.

Bupati Halut Frans Manery pada kesempatan itu, mengapresiasi pihak NHM mengundang Forum ini guna memberikan pandangan ke depan guna keberlangsungan operasional PT NHM.

Terkait permasalahan saat ini kata dia, manajemen NHM-lah yang paling memahami kondisi ini saat ini untuk itu pihak perusahaan yang dapat memutuskan yang terbaik sementara Pemerintah hanya memberikan nasehat, tanpa ada intervensi.

“Kami mengharapkan keterbukaan dan komunikasi setiap permasalahan yang ada disini sehingga dapat menyampaikan ke masyarakat. Komunikasi dengan pemerintah daerah sangat dibutuhkan untuk keberlanjutan perusahaan. Apapun yang diputuskan NHM yang terpenting adalah Perusahaan tetap hidup dan memberi manfaat bagi masyarakat. ” ujar Frans.

Hal yang sama juga di sampaikan Ketua DPRD Halut Janlis Kitong.

Menurutnya, komunikasi antara NHM dan Pemerintah Daerah sangat penting untuk bisa menjadi jembatan komunikasi ke masyarakat. Dirinya menegaskan dukungan untuk NHM.

“Kehadiran NHM tentu untuk keberlangsungan Halmahera Utara juga, jadi kami pastikan dukungan penuh,” ujarnya.

Terkait dengan hal tersebut, AKBP Kapolres Halut Zulfikar Iskandar menyatakan siap mengawal seluruh proses efisiensi agar tetap bisa menjaga kondisi yang aman dan kondusif baik untuk Perusahaan, mau pun masyarakat terutama di lingkar tambang.

“Keamanan dan ketertiban masyarakat perlu kita jaga bersama, kami mengharapkan masyarakat bisa membantu mendukung upaya pemulihan NHM dan tidak menimbulkan kerusuhan/provokasi. Kami juga perlu NHM untuk mengkomunikasikan kepada Kapolres setiap perkembangan kebijakan untuk memperketat keamanan. Sebab, dikhawatirkan akan terjadi pemanfaatan momentum yang kurang baik terutama jelang Pilkada,” terangnya.

Sementara itu Wakil Presiden Direktur PT NHM Amiruddin Hasyim mengatakan, pihaknya sangat membutuhkan baik untuk operasional maupun hubungan baik dengan masyarakat dan berjanji, dalam proses ini NHM akan menjamin keterbukaan informasi dan perkembangan dari proses efisiensi ini.

Untuk itu sangat dibutuhkan dukungan pemerintah sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman dalam melaksanakan proses efisiensi dan pemulihan.

Selain Forkopimda, pihak NHM diwakili Wakil Presiden Direktur NHM, Amiruddin Hasyim, Perwakilan Manajemen NHM, Badan Serikat, serta Tim Kinerja Sosial & Urusan Regional.***

Editor : Samuel Latumanase

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *