Klikfakta.id,HALUT- Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Provinsi Maluku Utara, menggelar kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Kelitbangan Provinsi Maluku Utara tahun 2024 di  Greenland Tobelo, pada Rabu (15/05/ 2024).

Rakor bertajuk “Memperkuat Sinergi Kelitbangan Membangun Ekosistem Riset dan Inovasi Menuju Maluku Utara yang lebih Inovatif, Damai, dan Berdaya Saing” itu dibuka oleh Asisten III Bupati Kabupaten Halmahera Utara, Samud Taha.

Dalam sambutannya, Samud Taha, menyampaikan bahwa,  provinsi Maluku Utara memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan. Namun, potensi tersebut belum sepenuhnya dioptimalkan.

Menurutnya, Salah satu kunci untuk membuka potensi itu adalah dengan membangun ekosistem riset dan inovasi yang kuat.

Ekosistem riset dan inovasi yang kuat membutuhkan sinergi dari berbagai pihak baik pemerintah, akademisi, Pelaku usaha, maupun masyarakat.

“Karena itu tema rapat koordinasi ini sangatlah tepat memperkuat sinergi Kelitbangan membangun ekosistem riset dan inovasi menuju Maluku Utara yang lebih inovatif, dinamis dan berdaya saing” jelas dia.

Samud juga bilang, dalam rangka memperkuat sinergi Kelitbangan, perlu dilakukan beberapa langkah strategis. Pertama, pembentukan badan riset dan inovasi daerah (BRIDA) di setiap Kabupaten Kota. Kedua, penguatan indeks inovasi daerah. Ketiga, peningkatan anggaran untuk riset dan inovasi.

“Saya yakin bahwa dengan sinergi dan kerja sama yang kuat dari semua pihak, Maluku Utara dapat menjadi daerah yang inovatif, dinamis, dan berdaya saing. Marilah kita jadikan rapat koordinasi teknis Kelitbangan ini sebagai momentum untuk memulai langkah baru dalam membangun ekosistem  riset dan inovasi yang kuat di Maluku Utara,”   cetusnya.

Diketahui, kegiatan rapat koordinasi teknis Kelitbangan yang dirangkaikan dengan diskusi dihadiri oleh Bupati Kabupaten Halmahera Utara Frans Manery yang diwakili Asisten III Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sahmud Taha, Kepala Balitbangda Provinsi Maluku Utara, Ruslan Bian, Kepala Badan Strategis Kebijakan dalam negeri (BSKDN) dan Ibu Direktur Diseminasi Riset dan Inovasi, Kepala Balitbangda Kabupaten/Kota se Provinsi Maluku Utara, dan para Pimpinan OPD beserta jajarannya lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara.***

Editor    : Samuel Latumanase

Penulis : Samuel Latumanase

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *