Klikfakta.id Pelaksanaan operasi pasar murah yang kerap digelar oleh Pemerintah Daerah, ternyata masih banyak menyisakan masalah.

Pasalnya pelaksanaan operasi pasar murah tersebut tidak dinikmati oleh kalangan masyarakat, namun justru kalangan pegawai negeri sipil( PNS).

Hal ini setidaknya diungkapkan oleh Inspektur Jenderal Kemendagri Tomsi.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kata dia, saat ini  memantau sejumlah kepala daerah yang tidak melakukan operasi pasar murah dengan baik untuk mengendalikan inflasi.

Bukan hanya itu, banyak kepala daerah yang melakukan operasi pasar murah hanya sebatas seremonial.

“Melaksanakan kegiatan mengundang dua orang dari kelurahan atau desa, kemudian melaksanakan foto-foto, selanjutnya selesai,” katanya dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, Senin 25 Maret 2024, dikutip dari CNN Indonesia.

Tomsi juga mengatakan,  komoditi yang dijual di operasi pasar murah justru banyak yang dibeli oleh pegawai negeri sipil (PNS).

Bukan masyarakat yang membutuhkan. Karenanya, ia mengimbau agar kepala daerah melakukan operasi pasar murah sebaik-baiknya dengan mengumumkannya ke masyarakat luas

Ia juga menghimbau agar operasi pasar murah dilakukan secara terus menerus

” Jadi tidak hanya sekali untuk memenuhi laporan, tapi harus terus menerus supaya tujuannya dapat tercapai,” katanya

Tomsi mengatakan operasi pasar murah merupakan satu dari enam upaya pemerintah daerah (pemda) dalam menangani inflasi.

Lima upaya lainnya adalah sidak ke pasar, kerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, gerakan menanam, merealisasikan belanja tidak terduga (BTT), dan dukungan transportasi dari APBD.

Berdasarkan catatan Kemendagri, baru 16 pemda yang melakukan enam upaya tersebut, 64 pemda baru melakukan empat hingga lima upaya, 222 pemda baru melakukan satu hingga tiga upaya, dan 214 pemda belum melakukan satu upaya pun.

“Bagi teman-teman kepala daerah yang sudah melakukan upaya konkret saya ucapkan terima kasih. Bagi teman-teman yang baru melakukan sebagian agar diupayakan semaksimal mungkin,” katanya.***

Sumber : CNN Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *