Klikfakta.id, HALUT– Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) menjalin kerja sama dengan PT Telekomunikasi selular Tbk (Telkomsel).

Kerja sama tersebut telah ditindaklanjuti dengan penyiapan delapan unit Tower Base Transceiver Station (BTS) yang dalam waktu dekat segara diaktifikan.

Delapan unit Tower tersebut berlokasi di 3 kecamatan, yakni di kecamatan Tobelo, tepatnya di kawasan pemerintahan, Kecamatan Tobelo Selatan tepatnya di desa Gamhoku, Kupa-kupa, Kakara Pulau, Kecamatan Tobelo Tengah yakni desa Kali Pitu, Kecamatan Tobelo Utara, tepatnya di desa Popilo, Mamuya serta Kecamatan Loloda yakni di desa Salube.

Kadiskominfosan Halut, Rymond Batawi menjelaskan, penambahan 8 unit tower hasil kerja sama dengan PT. Telkomsel di wilayah halut ini, tentunya untuk membuka akses komunikasi di daerah-daerah, serta pulau yang selama ini belum terakses jaringan telepon seluler (blank spot area).

Selain itu, tentu juga untuk memperkuat signal Telkomsel di beberapa tempat yang signal kurang baik.

” Jadi ini adalah bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Halmahera Utara kepada masyarakat. Dan untuk masyarakat yang sudah menyediakan lahannya, akan mendapatkan perhatian secara khusus dari Telkomsel,” terangnya, Jumat 19 April 2024.

” Tentunya proses panjang dan kegigihan dari Diskominfo Halut, tujuannya yaitu untuk mewujudkan pertumbuhan pembangunan serta layanan komunikasi yang baik dan merata kepada masyarakat, di wilayah Kabupaten Halmahera Utara,” sambungnya.

Ditambahkan, tower sinyal komunikasi yang sudah di bangun di beberapa desa, bisa dipastikan akan mempermudah kelancaran kegiatan di desa-desa, yang mengunakan jaringan telekomunikasi.

Pemkab halut melalui Dinas Kominfo lanjut Rymond akan terus berupaya untuk percepatan penyediaan Infrastruktur telekomunikasi di wilayah-wilayah yang blank spot (tempat kosong) tersebut.

“Dengan adanya optimalisasi terkait jaringan telekomunikasi khusus di Halut. Ini tentu demi memberikan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat Halut, dalam mendapatkan informasi,” pungkasnya.***

Editor : Samuel Latumanase

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *