Klikfakta.id, HALBAR– Dandim 1501/Ternate Kolonel Arm Adietya Yuni Nurtono, S.H., mendampingi Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga K., S.AP., M.AP. bersama rombongan memantau langsung perkembangan gunung Ibu di kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Hal ini berkaitan dengan terjadinya peningkatan status gunung Ibu dari level 2 waspada ke level 3 siaga, Ahad 12 Mei 2024.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh petugas pos pengamatan gunung ibu, terjadi peningkatan aktivitas pada Sabtu 11 Mei 2024 Pukul 00.24 WIT.

” Suara dentuman dan gemuruhnya terdengar sampai di pos pengamatan gunung api Ibu,” ujar Axel petugas pos.

Dalam himbauannya, Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga K., S.AP., M.AP., meminta agar seluruh masyarakat di sekitar gunung Ibu tetap waspada dan siap untuk mengikuti instruksi aparat dalam menjaga keselamatan diri dan keluarga.

Hal-hal yang harus dilakukan antara lain adalah tidak mendekati kawah gunung api, tidak melakukan aktivitas di sekitar Gunung Ibu, dan lebih baik menghindari area-area rawan bencana.

Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan dari pihak yang berwenang dalam hal evakuasi jika terjadi erupsi dari gunung Ibu.

Selain itu Danrem juga menegaskan bahwa semua pihak dari TNI, Polri, BPBD, relawan, sampai tenaga medis, sudah dikerahkan untuk siap menghadapi bencana apapun yang mungkin terjadi.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk tetap tenang dan mematuhi instruksi dari pihak yang berwenang dalam menjaga keselamatan diri, keluarga, dan lingkungan sekitar.

Dandim 1501/Ternate Kolonel Arm Adietya Yuni Nurtono, S.H., mengatakan, “dalam situasi seperti ini, kebersamaan dan gotong royong antara masyarakat dan aparat sangatlah penting untuk menjaga keselamatan bersama.

” Mari kita semua selalu waspada dan selalu siap untuk menghadapi setiap kemungkinan yang mungkin terjadi, dan bersatu dalam upaya menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar gunung Ibu,” kata Dandim.

Danrem 152 /Baabullah beserta rombongan dalam kesempatan tersebut turut membagikan masker kepada masyarakat terdampak erupsi gunung ibu.***

Editor : Armand

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *