Klikfakta.id, KEPSUL– Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Pemkab Sula) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar launching Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB), dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara tahun 2024, berlangsung di halaman Istana Daerah, Sabtu (8/6/2024).

Wakil Bupati Saleh Marasabessy dalam sambutannya menyampaikan, berdasarkan undang undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, telah menjelaskan bahwa, penduduk harus menjadi titik sentral dalam pembangunan berkelanjutan, yakni pembangunan yang dilakukan secara terencana disegala bidang.

“Program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga atau kita kenal dengan istilah bangga kencana, telah menjadi program prioritas nasional. salah satunya melalui pembentukan, dan pengembangan keluarga berkualitas yang disingkat menjadi kampung KB,” katanya.

Sementara, Kepala Perwakilan BKKBN Maluku Utara, Nuryamin,  mengatakan, kampung keluarga berkualitas itu ada sebuah perencanaan kehidupan yang diawali dari komitmen masyarakat dan tokoh di dalamnya termasuk Pemerintah Daerah untuk mendorong Pemerintah Desa dan Kecamatan untuk memperkuat sektor-sektor apa yang menjadi masalah di wilayah itu.

“Saya yakin semua kampung di semua wilayah punya masalah termasuk di wilayah kita, makanya di berbagai pertemuan sebelumnya saya sampaikan bahwa Kampung KB paling tidak diawali dengan data, karena kalau data kita tidak memiliki berarti kita tidak bekerja,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas PPKB Marini Nurali menyatakan, pembentukan Kampung KB merupakan bagian penting dari program bangga kencana yang harus kita dukung bersama-sama, dalam upaya mendekatkan pelayanan dan pembangunan sektor terintegrasi ke desa-desa, demi terwujudnya pembangunan keluarga yang lebih berkualitas.

“Jadi pada tahun 2019, 13 Kampung KB yang berlokasi di 12 Kecamatan Kepulauan Sula telah dicanangkan. Alhamdulillah, dengan dllaunchingnya 65 Kampung KB di tahun ini, maka Kepulauan Sula telah memiliki total 78 Kampung KB. ini artinya bahwa setiap desa di Kepulauan Sula telah mempunyai Kampung KB mencapai 100 % ini sudah sesuai dengan target nasional,” pungkasnya.***

Editor     : Armand

Penulis  : Sudirman Umawaitina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *