Klikfakta.id, HALUT- Bupati Halmahera Utara, Frans Manery menerima kunjungan Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Ternate, Kolonel Laut (P) Supriadi.

Kedatangannya ke Halut dalam rangka menjalin silaturahmi serta membangun komunikasi yang baik dengan Pemda Halut sebagai wilayah kerja Pangkalan TNI AL Ternate.Kunjungan Danlanal diterima langsung Bupati Halut Frans Manery di Kantor Bupati pada Senin (10/06/2024).

Sekretaris Daerah Halut E. J Papilaya mengungkapkan kejungan Kolonel Laut (P) Supriadi pasca menjabat sebagai Danlanal Ternate.

Selain itu, kunjungannya ke Halut sekaligus melihat medan jangkauan Pos TNI AL sekaligus meninjau secara langsung rencana pembangunan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) seluas 8 hektar yang berlokasi di Desa Kali Pitu.

“Danlanal ini baru beberapa bulan menjabat sebagai Danlanal Ternate,” tutur Sekda Halut,

Dirinya juga menjelaskan, legalitas lahan tersebut sedang dalam proses atau (On Process), melalui Kantor Staf Presiden (KSP) di Jakarta.

Untuk itu, Pemda Halut saat ini sudah mengajukan permintaan ke Pemerintah Pusat untuk menghibahkan lahan tersebut. Salah Satunya ialah penyelesaian, pembebasan berupa pembayaran atau hibah atau lainya dengan harapan Danlanal Ternate supaya bisa menjalin kerja sama yang baik di aspek keamanan laut, sesuai tugas pokoknya.

“Pihak TNI AL jika membangun, kami akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) Bupati tentang pengunaan lahan tersebut,” katanya.

Diketahui sebelumnya, pihak Kementrian BUMN sudah bertemu dengan Bupati Kabupaten Halmahera Utara terkait hal tersebut namun begitu Pemda Halut juga harus menerima pikiran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).***

Editor : Samuel Latumanase 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *