Klikfakta.id, HALTIM – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke-78 tahun pada 1 Juli 2024 Kapolres Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara, AKBP Setyo Agus Hermawan, S.I.K.,M.A.P. menggelar bhakti sosial atau baksos.

Baksos tersebut dilakukan dengan penyerahan bantuan sosial (Bansos) berupa sembako kepada masyarakat bagi yang membutuhkan di Desa Jara-Jara, Kecamatan Maba Utara, Kabupaten Halmahera Timur, pada Sabtu 22 Juni 2024 kemarin.

Kurang dari satu bulan lagi Kepolisian Republik Indonesia akan bertambah usia menjadi yang ke-78 tahun dalam pengabdian terhadap negeri.

Untuk menyambut hal itu Kapolres Haltim AKBP Setyo Agus Hermawan, S.I.K.,M.A.P. didampingi pejabat utama (PJU) Polres Haltim melaksanakan kegiatan sosial, salah satunya dengan memberikan bansos berupa sembako kepada masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan di Desa Jara-Jara, itu terletak diujung utara Kabupaten Halmahera Timur, bahkan bisa dikatakan bahwa Desa Jara-Jara merupakan desa paling ujung wilayah Haltim.

“Perjalanan untuk sampai ke desa itu juga membutuhkan waktu 5 sampai 6 jam melalui darat, medan jalanpun cukup sulit dilewati,” ujar Kapolres Haltim Setyo Agus Hermawan melalui Kasih humas polres Gustafi F. Tabarani, S.Tr.K

Kesulitan-kesulitan itu, kata Gustafi bahwa tidak menyurutkan niat dan rasa kepedulian Kapolres Haltim untuk melakukan bansos, karena tugas Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayanan masyarakat.

“Inilah yang diterapkan oleh Kapolres Haltim kepada seluruh masyarakat Haltim, tanpa terkecuali yang berada di wilayah sulit dijangkau dan paling jauh,” katanya.

Bahkan Kapolres juga menginginkan semua masyarakat Haltim merasakan kehadiran Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan suatu tindakan nyata terhadap Polri untuk memberikan pengabdian ke seluruh masyarakat.

“Bukan hanya masyarakat yang berada di pusat kota akan tetapi untuk semua masyarakat secara menyeluruh dan merata,” tandasnya.

Kegiatan sosial yang dilakukan sangat diharapkan untuk menjadi penekanan penting bahwa Polri hadir di negeri ini tanpa membeda-bedakan dan mengisi dalam HUT Bhayangkara ke 78 tahun.

“Dengan kegiatan-kegiatan positif yang kami lakukan tentu berdampak baik dan langsung dirasakan bagi masyarakat,” tukasnya.

Ia juga menyatakan sebelumnya itu bahwa Polres Haltim melaksanakan kegiatan Baksos berupa pembersihan didua tempat Ibadah dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-78 tahun pada Jumat 21 Juni 2024.

Selain menyambut HUT Polri, kegiatan tersebut juga memiliki tujuan untuk selalu dekat kepada masyarakat salah satunya melalui kegiatan-kegiatan sosial dalam ruang lingkup toleransi keagamaan.

“Kegiatan yang kami laksanakan didua tempat yaitu di Masjid Muhajirin Teluk Buli dan Gereja Sentral Buli. kegiatan itu personel Polres dibagi menjadi dua tim dalam pelaksanaannya,” bebernya.

Kegiatan yang dilakukan adalah untuk membersihkan tempat ibadah dan lingkungannya, selain itu membantu kepengurusan tempat ibadah dalam mempersiapkan oleh pengurus.

“Seperti di Gereja, Sentral yang akan dilaksanakan kegiatan Pesparawi se-provinsi Maluku Utara,” jelasnya.

Menurutnya Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan positif yang dilakukan oleh Polres Haltim pada rangkaian HUT Bhayangkara ke-78 tahun 2024.

Agus memastikan HUT Bhayangkara memang jatuh pada 1 Juli 2024, akan tetapi rangkaian kegiatannya sudah dilaksanakan oleh Polres Haltim dari pertengahan Juni 2024.

“Kami rangkaikan kegiatan memang dititikberatkan agar masyarakat dapat merasakan dampak baik dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Polri,” paparnya.

Kapolres Halmahera Timur AKBP Setyo Agus Hermawan, SIK.,MAP menjelaskan bahwa dalam rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara memiliki prinsip bahwa pengabdian POLRI untuk seluruh masyarakat tanpa diskriminasi.

“Sehingga diharapkan kegiatan baksos itu dapat menjadi wadah antara Polri dan masyarakat untuk selalu bekerja sama membangun negeri dalam kedamaian toleransi antar umat beragama,” pungkasnya.

“Dirgahayu Bhayangkara ke-78 tahun Polri Presisi mendukung percepatan Tranformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan menuju Indonesia emas,” tukasnya.(hms/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *