Klikfakta.id,  LABUHA– Festival Marabose tidak hanya merupakan sejarah perjalanan Kesultanan Bacan.

Namun telah menjadi agenda tahunan bagi Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan.

Sebagai wadah pemersatu masyarakat dalam bingkai Saruma, Festival Marabose menghadirkan kirab budaya hingga napak tilas perjalanan kesultanan bacan yang di mulai dari Daori, Kecamatan Pulau Makeang.

Paguyuban di halmahera selatan juga nampak ikut menampilkan kuliner makanan khas yang di sediakan menggunakan stand masing-masing.

Mulai dari stand Makayoa, Togale hingga Tionghoa serta dilanjutkan dengan panggung hiburan rakyat dengan menghadirkan sejumlah artis papan atas.

Pada kesempatan tersebut Dr, Nurlela Muhammad yang dipercayakan mewakili Gubernur Maluku Utara turut hadir pada pembukaan Festival Marabose ke-III yang berlangsung di UMKM Milenial desa Tembal Kecamatan Bacan Selatan.

Kehadiran istri mantan Bupati Halmahera Selatan periode 2016-2021 Bahrain Kasuba tampaknya mengundang perhatian pengunjung yang ikut pada pembukaan hajatan tahunan tersebut.

Mengingat suami dari staf ahli Pemprov Malut ini bakal ikut bertarung pada Pilkada di Halsel 2024 nanti.

Dr, Nurlela Muhammad dalam kesempatan tersebut menyampaikan permohonan maaf dari Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Maluku Utara Syamsudin A, Kadir yang belum berkesempatan menghadiri pembukaan festival marabose, lantaran sedang menjalankan ibadah haji.

“Dikesempatan ini saya menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Halmahera Selatan dikarenakan Pak Gubernur belum berkesempatan hadir, tapi tidak mengurangi rasa hormat kepada warga Halsel,” ucapnya

Mantan kadis pendidikan halsel ini berharap pergelaran festival marabose ke- III bukan hanya sekedar seremonial saja melainkan menjadi pengingat bagi generasi muda sebagai sebuah sejarah panjang kesultanan bacan.

“Karena sudah menjadi agenda tahunan maka, dari festival Marabose ini senantiasa mengingatkan kita semua pada budaya serta sejarah Marabose itu sendiri,” tukasnya.****

Editor : Koko

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *