Klikfakta.id, HALSEL– Suasana tangis haru mewarnai acara pisah sambut Kapolres Halmahera Selatan, AKBP Aditya Kurniawan yang digantikan oleh pelaksana tugas, AKBP Hendra Gunawan.

Pelepasan dan penyambutan Kapolres berlangsung di Mapolres Halsel diwarnai suka cita dan tangis haru oleh personel Polres, pada Sabtu 20 Juli 2024.

Acara pelepasan dan penyambutan sekaligus dengan penyerahan cendra mata Kapolres setelah melaksanakan upacara serah terima jabatan di Polda Maluku Utara pada Senin 15 Juli 2024 kemarin.

Acara pelepasan dan penyambutan dihadiri langsung oleh Bupati Halsel Hasan Ali Bassam Kasuba bersama Ibu ketua PKK Halsel Rifa’at Al Sa’adah.

Dandim 1509/Labuha Letkol Kav. Romy Sitompul bersama Ibu Ketua Persik KCK Dandim 1509/Labuha.

Kajari Halmahera Selatan Ahmad Patoni bersama Ibu Ketua IAD dan yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri Labuha,  Mohtar Souwakil .

Pejabat Utama (PJU) Polres Halsel dan PJU Kodim 1509/Labuha, Pasi Ops Bataliyon Kompi C Polda Maluku Utara IPDA Justus Hadi dan para personil polres Halsel serta Brimob Kompi C Polda Maluku Utara.

Perwakilan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halsel Bahrun Mustafa, dan KCP BRI Labuha Sutatdisa.

Para Kapolsek jajaran Polres se-Kabupaten Halmahera Selatan dan pengurus Bayangkari Halsel maupun Para tamu undangan lainnya.

AKBP Aditya Kurniawan yang saat ini mendapat amanah sebagai Kapolres Halmahera Tengah (Halteng) dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada pemkab Halsel.

Ia beserta Istri mengucapkan terima kasih khususnya kepada Bupati bersama ketua PKK atas dukungan dan kerjasama yang sudah dibantu oleh forkopimda sehingga sampai saat ini situasi kamtibmas di halsel aman serta kondisif.

“Semoga situasi ini bisa tetap terjaga dan dapat berjalan aman sampai pada selesai pilkada, saya dan istri juga mendoakan khususnya Bupati dan Ibu selamat berjuang, semoga apa yang diharapkan bisa tercapai nantinya,” ujar Aditya.

Aditya menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak jika ada tutur kata, sikap dan tindakan yang kurang berkenan selama ia bertugas.

“Kami juga memohon doa agar ditempat tugas yang baru sebagai Kapolres Halmahera Tengah, kami diberikan kelancaran dan selanjutnya kami memohon doa di 27 nanti agar diberikan izin untuk melaksanakan ibadah umroh,” imbuhnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada AKBP Hendra Gunawan, dan selamat bergabung di Halmahera Selatan, semoga tidak lama lagi segera dikukuhkan sebagai kapolres halsel defenitif.

Kepada wakapolres dan wakil ketua bhayangkari, seluruh pengurus, PJU Polres, para perwira, para Kapolsek dan personil dari Brimob Polda Malut diucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kejasamanya selama ini.

“Mungkin itu sedikit penyampaian yang bisa saya sampaikan, Pak Hendra jangan khwatir, forkopimda disini selalu bersamaan, sampai pindah pun hampir bersamaan,” sebutnya.

Sementara AKBP Hendra Gunawan mengatakan bahwa dirinya diberikan amanah sebagai Plt Kapolres Halsel yang ditunjuk oleh Kapolda Malut Irjen Pol Midi Siswoko untuk bisa melaksanakan.

AKBP Hendra Gunawan  didampingi istri saat menyampaikan sambutan( foto: istimewa) 

“Seharusnya senior kami yang duduki jabatan ini, namun ada suatu musibah sehingga sehingga saya diberikan amanah ini dari Kapolda Malut,” ucap Hendra.

Sebagai orang baru, ia memohon dukungan dari Bupati dan forkopimda juga bisa diterima dari waga halmahera selatan, mungkin ada hal-hal, dan perilaku atau sikap yang tidak menyenangkan bisa menyesuaikan.

“Kami titip diri selama melaksanakan tugas sebagai Kapolres Halsel, karena banyak tantangan kedepan seperti disampaikan oleh senior kami pak Aditya bahwa akan menghadapi pilkada,” imbuhnya.

Ia bahkan meminta kepada unsur forkopimda untuk bersama-sama mengawasi pilkada, karena sudah tidak lama lagi akan memasuki tahapan-tahapan.

“Dan insya Allah selasa besok kita juga akan rapat sektoral, dan nanti ada undangannya untuk pejabat kita yang rapatnya di Ternate,” bujurnya.

Hendra juga mengucapkan terima kasih ke AKBP Aditya Kurniawan yang ditunjuk sebagai kapolres halteng yang telah selama betugas menggalakan 9 program kapolri.

Ini tentu menjadi tantangan untuk Plt Kapolres baru, karena harus juga bisa seperti mantan kapolres bagaimana bisa menjalankan program-program yang sangat bagus, dan bagaimana mengendalikan polres dengan miliki 9 polsek dan 30 kecamatan.

Tentunya akan menjadi tantangan bagi darinya, untuk mengendalikan polres yang besar dengan menjaga harkamtibmas aman di wilayah halmahera selatan dengan baik.

“Kurang beliau satu tahun disini, saya melihat pilpres, pileg kemarin tidak ada PSU, ini tentu keberhasilan yang sangat luar biasa dari pemerintah daerah dan dari polres bagaimana bisa menjaga pilpres pileg itu bisa aman terkendali, dibandingkan dengan wilayah lain,” bebernya.

Sementara Bupati Hassan Ali Bassam Kasuba dalam sambutannya berharap ada kebersamaan dalam menjaga situasi kamtibmas di negeri saruma.

“Dalam pelepasan ini pasti ada banyak hal yang tidak bisa kita lupakan, apa lagi semenjak saya dilantik sebagai bupati definitive, kolaborasi antara saya dan Kapolres sangat luar biasa,” pungkas Bupati Ali Bassam Kasuba.***

Editor    : Armand

Penulis : Saha Buamona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *