Klikfakta. Id, TERNATE– Kakanwil Kemenkumham Malut Ignatius Purwanto mengajak seluruh jajaran di lingkungan Kanwil Kemenkumham Malut untuk selalu menjadi garda terdepan dalam menjaga Hak Asasi Manusia (HAM).

Hal tersebut disampaikan Purwanto saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada detik-detik proklamasi peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 yang digelar di Rutan Kelas IIB Ternate, Sabtu (17/08/2024).

“Sebagai lembaga negara yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan hukum dan hak asasi manusia, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memiliki peran yang sangat strategis. Tidak hanya sebagai aparat penegak hukum, tetapi juga sebagai garda terdepan dalam menjaga hak asasi manusia,” ujarnya.

Purwanto yang terlihat mengenakan baju adat Ternate, menyampaikan bahwa diperlukan kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak untuk mewujudkan cita-cita bangsa, cita-cita untuk mewujudkan pertumbuhan dan pembangunan yang berkelanjutan.

Dirinya meminta agar seluruh jajaran untuk membangun komitmen yang kuat dalam menciptakan sistem hukum yang adil, transparan, dan responsif.

“Mari kita garap segala potensi yang ada, jangan ada waktu yang terbuang sia-sia. Setiap detik, setiap menit, adalah kesempatan untuk berkontribusi bagi kemajuan negeri ini. Teruslah berkarya secara konsisten, profesional dan berintegritas,” ucap Purwanto membacakan sambutan Menkumham.

Peringatan detik-detik proklamasi Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 mengusung tema besar “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Rutan Ternate dihadiri langsung oleh Kadiv Administrasi, Slamet Pramoedji, Kadiv Pemasyarakatan, Hensah, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Aisyah Lailiyah, pejabat manajerial, JFT/JFU dan perwakilan pegawai dari UPT dalam kota sebagai peserta upacara dengan mengenakan baju adat daerah. (hms/red) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *