Klikfakta. Id, TERNATE– Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Maluku Utara (Malut) menyelenggarakan Upacara Hari Pengayoman ke-79 tahun 2024, bertempat di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas II Ternate, Senin (19/08/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Kepala Kanwil Kemenkumham Malut Ignatius Purwanto, Pembaca Sejarah Singkat Kemenkumham Kadiv Administrasi Slamet Pramoedji, Perwira Upacara Kakanim Kelas I TPI Ternate, Komandan Upacara, pengibar bendera, dan perangkat upacara lainnya dari satker Kanwil Kemenkumham Malut. Upacara turut dihadiri para Pimti Pratama, Kasatker, Pejabat Administrasi, JFT/JFU.

Menkumham Yasonna H. Laoly dalam sambutan yang dibacakan Kakanwil Kemenkumham Malut Ignatius Purwanto menyampaikan selaras dengan tema Hari Pengayoman ke-79 yaitu “Kemenkumham Mengabdi untuk Negeri Menuju Indonesia Emas 2045”, mengingatkan kita bahwa pengabdian merupakan esensi dari setiap pekerjaan yang kita lakukan.

Ini merupakan komitmen yang harus kita implementasikan di dalam setiap tindakan,” ungkap Purwanto.

Demi mencapai visi itu, Purwanto menyampaikan bahwa seluruh jajaran harus terus berupaya untuk memperkuat sistem hukum yang lebih rensponsif, transparan, dan akuntabel. Melakukan pembaruan regulasi yang relevan, serta meningkatkan akses masyarakat terhadap keadilan, agar tidak ada lagi suara-suara yang terpinggirkan.

“Kemenkumham berkomitken untuk menciptakan ruang dialog yang konstrusif antara pemerintah, masyarakat sipil, dan pemangku kepentingan lainnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ia juga menjelaskan Kemenkumham berperan sebagai pilar penting yang mendukung terciptanya masyarakat yang adil, sejahtera, dan berkeadilan, Indonesia Emas 2024 mengisyaratkan sebuah transformasi besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di bidang HAM. (hms/red) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *