Klikfakta.id, HALUT– Puluhan wisatawan asal Jepang melakukan upacara tabur bunga di Pantai Desa Ngofagita, Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara.

Puluhan wisatawan Jepang merupakan anak,cucu dan cicit dari para tentara Jepang yang gugur pada masa perang dunia ke-II.

Salah satu wisatawan Mrs. Oishi Yoshiko mengaku dirinya sebagai keluarga veteran Jepang berkunjung bersama rekan rekannya ke Halut untuk melihat secara dekat, tempat orang tua mereka gugur di Kapal Toshimaru.

Saat ini bangkai kapal tersebut berada 100 meter dari bibir pantai Desa Ngofagita.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada warga Halut secara khusus warga desa Ngofagita yang telah menjaga bangkai kapal sebagai bukti perang dunia Ke-II.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penyambutan dari Pemerintah serta masyarakat Kecamatan Malifut. Dengan sambutan tarian adat tadi, kami sangat gembira dan sangat senang sekali,” ucapnya Sabtu ( 21/9/2024).

Diketahui, setelah kegiatan tabur bunga rombangan wisatawan Jepang akan bertolak ke Papua dengan kegiatan yang sama yaitu melakukan prosesi ritual ibadah dan tabur bunga untuk mengirim doa kepada para veteran yang gugur.

Kedatangan wisatawan Jepang di dampingi oleh Dinas Pariwisata Provinsi Maluku Utara, Pemerintah kecamatan Malifut, Babinsa Koramil 1508-04/Malifut, Polsek Malifut, serta masyarakat setempat. ***

Editor    : Samuel Latumanase

Penulis : Samuel Latumanase

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *