Klikfakta. Id, HALBAR– Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menghimbau kepada para pelaku usaha untuk dapat Memanfaatkan terkait aktifitas KM. Dorolonda yang akan masuk di Pelabuhan Jailolo.

Diketahui KM. Dorolonda dijadwalkan berlabuh di pelabuhan Jailolo, Halmahera Barat pada tanggal 27 September Tahun 2024.

Kadisperindagkop dan UMKM Halmahera, Demisius Boky menjelaskan, untuk persiapan KM. Dorolonda yang akan masuk di pelabuhan jailolo, sebelumnya telah ada pertemuan bersama dengan pihak Pelabuhan, OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan beberapa pelaku usaha.

Pihaknya juga menyarankan pelaku usaha dia mempunyai kreativitas untuk mempersiapkan diri menjemput bola.

” Terkait akktivitas kapal yang masuk karena yang pasti jika sampai kapal itu sandar penumpang akan ada yang pergi dan yang datang berkunjung sementara, ” terang Demisius kepada Klikfakta. Id, Rabu(18/9/2024) kemarin.

Ia juga berharap ada usaha-usaha baru yang bisa diperdagangkan di seputaran pelabuhan.

Dimana, pihak pelabuhan juga sudah mengatur terkait aktivitas perdagangan khususnya pelaku usaha di areal pelabuhan.

” Jika pengusaha membutuhkan rekomendasi izin tetap kami melayani, ” ucapnya.

Ditempat terpisah, Kadis Perhubungan Halbar, Bustamin menambahkan, sesuai hasil koordinasi dengan pihak Syahbandar, terkait penyambutan kedatangan KM Dorolonda sudah pasti ada euforia dari masyarakat yang ingin melihat langsung.

Olehnya itu, untuk mencegah terjadinya kemacetan di areal pelabuhan, pengunjung juga akan dibatasi

” Supaya tidak ada kemacetan di pelabuhan nah ini mesti harus ada kerjasama – kerjasama dari pihak Kepolisian, Satpol-PP maupun dari Perhubungan,” imbuhnya.

Terkait dengan penyambutan kru kapal juga tidak terlalu lama. Mengingat waktunya hanya 2 jam maka acara- acara serimoni juga dibatasi.

” Untuk penyambutan kru dan kapten kapal itu waktunya singkat. Nantinya ada armada yang disiapkan untuk penyambutan, jadi desain itu kemarin di laut itu mungkin ada kora-kora saja sebagai pengiring masuknya kapal Dorolonda. Terkait dengan yang lain-lain tetap kami berkoordinasi dengan pihak Syahbandar, “pungkasnya.***

Editor    : Armand

Penulis : Riko Noho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *