Klikfakta.Id, HALBAR– KM. Dorolonda Resmi Beroperasi di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) pada Jumat 27 September 2024.

Kehadiran kapal tersebut menandai langkah maju bagi pengembangan transportasi dan perekonomian di kabupaten halmahera barat.

Acara penyambutan KM. Dorolonda ini di hadiri Sultan Jailolo  Ahmad Sjah, Pjs Bupati Kabupaten Halmahera Barat, Dheni Tjan, Kapten KM Dorolonda Stefanus Djarot, Kepala KUPP Kelas III Jailolo, Rosihan Gamtjim, unsur forkopimda, anggota DPRD, pimpinan OPD, para SKPD serta masyarakat setempat.

Sultan Jailolo, Ahmad Sjah dalam kesempatan itu menyampaikan kebahagiaan dan bangga karena momen yang sangat ditunggu-tunggu dan diharapkan masyarakat jailolo yaitu KM. Dorolonda akhirnya terealisasi bisa berlabuh di teluk jailolo.

Penyambutan kru KM Dorolonda di pelabuhan jailolo

” Kami memberikan apresiasi mudah-mudahan kapten KM. Dorolonda tindaklanjuti untuk bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Halmahera Barat pada umumnya,” ucapnya.

Ia juga meminta dukungan masyarakat halmahera barat dan pengertiannya mengingat saat ini KM Dorolonda belum bisa sandar di dermaga lantaran panjang dermaga yang belum memadai.

” Alhamdulillah ini membuat perekonomian merata terhadap ABK-ABK speed boat yang ada di Halmahera barat,” Imbuhnya.

Sementara, Pjs Bupati Halmahera Barat, Dheni Tjan dalam sambutannya menyampaikan, kehadiran kapal ini menandai langkah maju bagi pengembangan transportasi dan perekonomian di kabupaten halmahera barat.

“Hari ini adalah momentum bersejarah bagi kita semua terutama bagi masyarakat Halmahera barat dengan hadirnya kapal dorolonda kapal ini bukan hanya simbol transportasi tetapi harapan baru peningkatan perekonomian dan konektifitas antar pulau di wilayah kita,” tuturnya.

Kehadiran kapal ini akan mempermudah akses barang dan jasa serta mempercepat proses distribusi yang pada akhirnya berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat.

“saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi pada proses kedatangan kapal dorolonda ini termasuk pemerintah pusat, kementerian perhubungan, pihak pelayaran dan semua stekholder yang terlibat kerja keras dan kolaborasi kita semua sehingga sangat berarti dalam mewujudkan pencapaian ini,” katanya.

Dheni berharap agar kapal ini beroperasi atau di operasikan dengan baik dan aman mari kita jaga bersama fasilitas ini agar tetap berfungsi optimal dan memberikan manfaat bagi kita semua.

” Saya juga ingin mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya mari kita tingkatkan kerjasama dalam pengembangan sektor perikanan, parawisata dan perdagangan lokal termasuk sektor perhubungan yang pada hari ini kita sama-sama menyambut untuk pertama kali beroperasinya KM. Dorolonda di Halmahera Barat, ” imbuhnya.

Sementara Kapten KM Dorolonda Stefanus Djarot yang diwakili oleh Kamsito Abd berharap kehadiran KM Dorolonda berdampak besar untuk perekonomian di Jailolo.

“Dan mudah-mudahan kedepan kapal Dorolonda bisa sandar di dermaga pelabuhan jailolo tentu dengan bersandarnya kapal sangat berdampak sekali perputaran ekonominya,” pintanya.

Jikalau masih berlabuh otomatis masih memberatkan masyarakat.

” Jadi tolong bapak Pjs Bupati supaya kapal bisa sandar di dermaga bisa pelabuhannya di perbaiki, dan di perkuat serta di perpanjang supaya kapal Dorolonda bisa sandar selamat, tidak kandas dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ” pungkas Kamsito. ***

Editor     : Armand

Penulis : Riko Noho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *