Klikfakta.id, KEPSUL – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula, melalui Dinas Pendidikan Nasional (Diknas), menggelar kegiatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kabupaten, bertajuk “Kembangkan Bakat, Junjung Sportivitas, Semarakkan FTBI 2024, Generasi Cerdas Menuju Sula Bahagia,” berlangusung di Istana Daerah, Desa Fagudu, Kecamatan Sanana, pada Kamis (17/10/2024).

Kepala Dinas Pendidikan, Marini Nur Ali mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan bahasa daerah Sula agar tidak terancam punah.

“Dengan adanya kegiatan ini, berarti memunculkan semangat anak muda tunas bangsa untuk memahami bahasa daerah Sula agar lebih dikenal, sehingga bahasa daerah Sula tidak punah dimakan waktu,” katanya.

Marini menyebut, jenis-jenis kegiatan yang dilakukan, diantaranya menulis cerpen, menyampaikan pidato, komedi tunggal untuk jenjang SMP, membaca puisi, mendongeng, dan tembang tradisi untuk jenjang SD.

“Semua jenis kegiatan menggunakan bahasa daerah Sula. Untuk itu, kegiatan ini dan proses pembelajaran Bahasa Daerah Sula atau Muatan Lokal di tingkat SD, siswa-siswi secara keseluruhan mampu menguasai bahasa daerah Sula. Baik di sekolah, maupun di luar sekolah, ” jelasnya. ***

Editor    : Armand

Penulis : Sudirman Umawaitina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *