Klikfakta.id, KEPSUL – UPTD Puskesmas Wai Ipa Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula. Maluku Utara ikut penilaian akreditasi yang berlangsung pada Jumat 24 Mei 2024.

Penilaian Akreditasi dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI) telah mendapatkan tugas untuk melakukan survei Akreditasi di UPTD Puskesmas Waiipa.

Kegiatan tersebut berlangsung di UPTD Puskesmas Wai ipa, Kecamatan Sanana, yang dihadiri Sekretaris Daerah Muhlis Soamole, Kepala Dinas Kesehatan apt. Suryati Abdullah, Tim Surveior TKPP dr. Zuhrina Ridwan, Tim Surveior TKSD Gamala Thamrin, Kepala UPTD Puskesmas Waiipa Hj. Fiyanti Buamona, Ketua Pokja Mutu Carissa Handrianti, Ketua Pokja UKM Sinrawati Suriansyah, Ketua UKP Amalia Jahria Soamole, Ketua Pokja Admin Maskur Fataruba, Kepala Desa Wailau Abdul Halim Umasugi, Kepala Desa Wai ipa Daud Fokaaya, Kepala Desa Umaloya Heder Kailul, Kepala Pastina Abdul Basir Umagapi, Babinkamtibmas Desa Wailau Serda Iksan Soamole.

Tim surveyor tersebut melaksanakan Survei Akreditasi di Puskesmas Sanana selama tiga hari, mulai dari tanggal 24 – 26 Mei 2024.

Sekda Muhlis Soamole kepada Klikfakta.id menyampaikan, dalam tiga hari ke depan Tim Surveior TKPP dan TKSD akan melakukan Survei Akreditasi terhadap UPTD Puskesmas Waiipa.

“Saya berharap ini dapat memberikan pelayaran terhadap kesehatan masyarakat secara aman, sehingga tingkat kepuasan yang dirasakan oleh masyarakat yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Waiipa paling tidak memberikan kesan bahwa Puskesmas Waiipa telah melaksanakan pelaksanaan pelayanan kesehatan secara terakreditas,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan apt. Suryati Abdullah menyatakan, Ini adalah Puskesmas yang di wilayah kerjanya berada di dalam Kota Sanana dan berada di pusat Pemerintahan.

“Saya mengharapkan nilai yang dicapai oleh Puskesmas yang selama ini adalah nilai yang terbaik dari penilaian akreditasi itu sendiri, kalau dengan akreditasi saya merasa teman-teman Puskesmas kita sudah sangat luar biasa mempersiapkan dokumen yang mempersiapkan dirinya untuk dinilai dan saya melihat mereka juga sangat luar biasa,” tuturnya.

Terpisah, Kepala UPTD Puskesmas Wai Ipa,  Fiyanti Buamona mengatakan, persiapan yang sudah dilakukan sejauh-jauh hari dari tahun 2023 dan baru dinilai di bulan Mei 2024

“Alhamdulillah pada hari ini juga kita baru hari pertama dinilai, saya berharap setelah penilaian selama 3 hari kita bisa mendapatkan nilai yang bagus dan juga kita bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan yang kita dapat setelah ada penilaian,” jelasnya.

“Kita tetap bikin perbaikan untuk meningkatkan mutu pelayanan yang ada di UPTD Puskesmas Wai ipa yang kita sudah merasa itu adalah pelayanan sudah maksimal tapi kalau memang masih tetap ada perbaikan kita tetap terus untuk melakukan perbaikan demi pelayanan terutama untuk pelayanan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Wai Ipa,” pungkasnya.***

Editor     : Armand

Penulis : Sudirman Umawaitina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *