Klikfakta.id, TERNATE — Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H/10 Dzulhijjah Senin 17 Juni 2024 Masehi,

Badan Kesejahteraan Masjid( BKM) Masjid Al-Fajri Toboko-Tanah Tinggi, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara membantu masyarakat.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa program bantuan sosial yang dengan senantiasa digulirkan ke masyarakat.

Salah satunya melaksanakan program sunatan massal secara gratis untuk masyarakat Kota Ternate dan sekitarnya pada Kamis 20 Juni 2024.

Sunatan massal yang dilaksanakan ini bertema “Dengan Semangat Berkurban Kita Jalin Ukhuwah Islamiyah Menuju Masyarakat yang Berkeadilan, Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir dan Batin”.

Kegiatan sunatan massal gratis ini dihadiri langsung Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman dan para rombongan serta Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau yang mewakili.

Tim medis dari Rumah Sakit Bhayangkara Polda Malut dan Polres Ternate juga ikut hadir dalam kegiatan sunatan massal gratis tersebut.

Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Masjid Al- Fajri Amin Subuh mengatakan, bahwa sunatan masal gratis ini adalah langkah yang diambil oleh BKM Al-Fajri dengan membentuk panitia Qurban sekaligus sunat masal secara gratis sejak tahun 2013.

Sunatan masal ini BKM Al-Fajri dan panitia yang telah dibentuk bekerja sama membantu masyarakat Kota Ternate secara umum khususnya masyarakat ekonomi menengah kebawah atau kurang mampu dengan jumlah kurang lebih 200 orang.

“Sunatan masal ini tidak hanya untuk masyarakat Kota Ternate, bahkan ada dari Halmahera (Jailolo) dan Tidore kurang lebih 20 orang yang akan mengikuti sunatan masal,” ujar Amin kepada Klikfakta.id di tengah-tengah kegiatan tersebut.

Ketua BKM  Masjid (BKM) Masjid Al- Fajri, Amin Subuh( foto: Saha Buamona/ Klikfakta.id)

Amin Subuh yang juga anggota DPRD Kota Ternate dari partai Golkar yang kembali terpilih pada Pileg 2024 memastikan kegiatan sunatan massal ini sejak 2013 BKM Al-Fajri melaksanakan.

“Jadi sudah kurang lebih 11 tahun ini BKM Al-Fajri bekerjasama dengan beberapa instansi dari kota Ternate dan Provinsi maupun organisasi melaksanakan sunatan massal untuk membantu masyarakat miskin,” katanya.

“Harapan kami dari BKM Alfajri Toboko-Tanah Tinggi semoga kegiatan sunatan massal gratis dapat berjalan lebih lancar untuk tahun akan datang nanti, karena kegiatan ini sangat membantu masyarakat,” imbuhnya.

Sementara wali kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyampaikan atas nama pemerintah kota Ternate mengucapkan terimakasih kepada BKM Al-Fajri yang ke-11 tahun.

Walaupun pada beberapa tahun tidak dilaksanakan, namun pelaksanaan sunatan massal gratis ini jika berjalan dengan normal maka kurang lebih sudah 11 tahun.

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh BKM Al-Fajri beberapa tahun kemarin saya selalu hadir, alhamdulillah ada kenaikan dari jumlah anak-anak yang mengikuti sunatan massal gratis, dan ini merupakan amal jariyah dari berbagai orang yang menyumbang,” tuturnya.

Bahkan sampai saat ini jumlahnya secara keseluruhan kurang lebih 1200 orang, baik anak-anak dari luar Kota Ternate, seperti tidore, jailolo, tahun lalu dari sofifi juga hadir di sunatan massal gratis ini.

Alhamdulilah  ini juga diperuntukkan kepada Anak yatim, dan yatim piatu jadi program sunatan massal gratis ini dari badan kesejahteraan masjid toboko tanah tinggi yang bekerjasama dengan berbagai pihak.

“Tentu saya menyampaikan banyak terimakasih kepada sumbangan dari organisasi dan instansi serta pihak kesehatan lainnya, karena itu sangat meringankan panitia, artinya sinergi yang kuat atau membangun yang dibangun hingga saat ini berjalan baik,” pungkas Tauhid.

Sekadar informasi, kegiatan sunatan massal ini panitia yang telah dibentuk bekerja sama dengan beberapa pihak.

Diantaranya instansi Kota Ternate dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara maupun pihak Swasta serta organisasi diantaranya:

1. Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate

2. Dinas Kesehatan Kota Ternate

3. Rumah Sakit Umum Daerah Chasan Boeserie (RSUD-CB) Kota Ternate.

4. Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Kota Ternate.

5. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Maluku Utara dan Kota Ternate.

6. Ikatan Apoteker Indonesia Kota Ternate

7. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Ternate

8. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Kota Ternate

9. Bank BPRS Kota Ternate.

Editor     : Armand

Penulis  : Saha Buamona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *