Klikfakta.id, HALUT- Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara akan memberangkatkan tim delegasi ke luar negeri dalam rangka hubungan kerja sama Internasional antara Pemerintah Kota Gora Kalwaria.

Sekretaris Daerah (Sekda) Halut Erasmus J. Papilaya mengatakan, keberangkatan delegasi Pemda Halut sebagai tindaklanjut kesepakatan kerja sama Nomor CSO-LA/2020/420-747. Untuk itu para dilegasi ini akan di berangkatkan pada 5 Agustus 2024 besok.

Kerja sama Pemda Halut dengan Uni Eropa, lebih di Pererat. Pasalnya, tidak hanya negara dari Uni Eropa yang datang ke Indonesia tepatnya di Kabupaten Halmahera Utara.

Kini Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara memberangkatkan Delegasi, ke luar negeri

Keberangkatan ini adalah tindaklanjut kerja sama Pemda Halut dengan Pemerintah Kota Gora Kalwaria.

Hal ini, merupakan langkah strategis untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah dan lembaga internasional khususnya dalam penanganan lingkungan dan pengembangan pasar berkelanjutan.

“Delegasi yang diberangkatkan terdiri dari 5 pejabat provinsi dan Pemkab Halut, satu orang kades, 19 perwakilan akademisi Universitas Indonesia, Universitas Mercu Buana, Politeknik Padamara, Univesitas Halmahera(Uniera) Unkhair Maluku Utara, LSM Higaro Halmahera Lestari,NAMARIN, serta Jurnalis, akan bertolak ke Warsawa Polandia pada 5 Agustus 2024(Batch I) dan 12 Agustus 2024 (Batch II) untuk menghadiri kegiatan North Maluku Urban Good Governance,” ungkap Papilaya.

Papilaya berharap, kunjungan ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah dan meningkatkan reputasi kabupaten halmahera utara di kancah internasional.

“Kami berharap kunjungan ini akan membuka peluang kerja sama yang lebih luas dalam berbagai bidang, termasuk Ekonomi, Pendidikan, dan Kebudayaan, “ucapnya

Diketahui setibanya di sana para delegasi Pemda Halut akan mengahidiri sejumlah agenda yang di prakarsai oleh Pemerintah Kota Gora Kalwaria.

Diantaranya menghadiri undangan koordinator proyek A Suistanable Urban Marketplace, Participatory Urban Governance For Safe, Green Inclusife Fresh Market Management di Indonesia, Mrs. Sylwia Szparkowska dari Development Policy Foundation yang seluruh pembiayaan keberangkatan dan akomodasi di danai oleh uni eropa.

Pertemuan bilateral dengan Pemerintah setempat, untuk membahas peluang investasi uni eropa dan kerja sama ekonomi hijau uni eropa serta pengembangan sumber daya manusia( SDM).

Terdapat juga kunjungan ke beberapa istitusi pendidikan untuk menjajaki program pertukaran pelajar, kunjungan ke beberapa Instansi pemerintah kota Gmina Gora Kalwaria.

Partisipasi dalam forum kebudayaan untuk mempromosikan seni dan budaya Halmahera utara, dan diskusi serta workshop dengan lembaga internasional tentang program pembangunan berkelanjutan.

Selain itu, delegasi juga sudah di agendakan untuk pertemuan dengan keluarga besar Indonesia di kedutaan Indonesia untuk Polandia di Warsawa untuk mempererat hubungan serta mengikuti perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke – 79 pada 17 Agustus 2024.***

Editor    : Samuel Latumanase

Penulis : Samuel Latumanase

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *