Klikfakta.id, TERNATE — Bakal Calon (Balon) Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) Asrul Rasyid Ichsan berdiskusi bersama insan pers di Rotasi Caffe, Kelurahan Kayu Merah, Kota Ternate pada selasa, pada Selasa 10 September 2024.

Diskusi dengan tajuk Ngopi Bareng bersama Jurnalis.

Asrul Rasyid Ichsan yang juga selaku Sekretaris DPD PDIP Malut mengatakan, pers merupakan satu profesi yang mempunyai peran penting dalam demokrasi.

Asrul menegaskan jika ada pemimpin yang merasa alergi terhadap jurnalis, itu tandanya pemimpin tersebut ialah merupakan pemimpin otoriter.

“Karena jurnalis bertugas sebagai fungsi kontrol terhadap pemerintah untuk kepentingan masyarakat,” ujar Asrul.

Ia juga menuturkan bahwa pemimpin tidak boleh otoriter, apalagi sampai menutup informasi dan tidak mau bekerja sama dengan jurnalis.

Sebab pemimpin yang seperti itu akan mengancam demokrasi dan tidak mau mengembangkan daerah dipimpinnya.

Walaupun jurnalis itu sudah bekerjasama dengan pemerintahan, akan tetapi harus berikan mereka (Jurnalis) menjaga independensi, agar kewarasan terhadap demokrasi tetap terjaga.

“Artinya jika pemerintahan kinerjanya tidak sesuai, maka para jurnalis harus berani katakan salah, begitu juga yang sebaliknya, benar harus benar, jangan seperti saat ini,” pungkasnya. ***

Editor    : Armand

Penulis : Saha Buamona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *