Klikfakta. Id, HALBAR– Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara, Muhammad KasubaBasri Salama( MKBisa) menggelar konsulidasi tim relawan di Kabupaten Halmahera Barat dengan tagline Maluku Utara Bisa, Kuat dan Sejahtera.

Kegiatan berlangsung di Hotel D’hock, desa hatebicara kecamatan Jailolo, Sabtu, (14/9/2024) dan di hadiri, ketua DPC Hanura Halbar dan jajaran pengurus, pengurus DPD PKS Halbar, pendukung serta ribuan simpatisan.

Calon Wakil Gubernur (Cawagub), Basri Salama dihadapan ratusan tim relawan Kecamatan Jailolo, Sahu dan Sahu Timur menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Cagub Muhammad Kasuba yang disaat bersamaan tengah mengikuti kegiatan PKS di Jakarta.

Paslon MKBisa telah menyiapkan berbagai program yang siap dilaksanakan saat terpilih. Dimana program prioritas pertama yakni pendidikan dan kesehatan gratis.

Dijelaskan, jumlah penduduk maluku utara kurang lebih 1,3 juta tahun 2024.

Dimana, ada banyak industri pertambangan beroperasi, ada nikel, tambang emas, biji besi yang telah menyerap sekian ratus ribu tenaga kerja.

Dari seluruh industri pertambangan itu, apa yang didapatkan maluku utara?.

” Kita hanya mendapat suplai tenaga kerja tetapi karyawannya mengomsumsi makanan hanya dari luar daerah, “ucapnya.

” Mengambil sapi dari luar, daging ayam dari luar, bahkan ikan pun diambil dari luar, apakah orang Halbar tidak bisa tanam tomat, apakah orang Halbar tidak bisa memelihara ayam, apakah orang Halmahera Timur tidak bisa memelihara sapi dan lain-lain, apakah orang Halmahera Selatan tidak bisa menjaring ikan untuk memasukan ke perusahaan,” tanyanya.

Mantan anggota DPD RI dapil Maluku Utara ini menegaskan bahwa semua bisa berdikari cuman tidak bisa diatur.

” Jadi kedepan bagi anak-anak muda yang membuka usaha pertanian tomat, rica, bawang dan lain-lain dan menjadi perternakan sapi, peternakan ayam, ayam petelur, daging kita bantu berikan subsidi modal supaya dapat menyuplai bahan makanan ke Harita, NHM, IWIP dan perusahan lainnya, ” tegasnya.

” Disektor pendidikan, bagi lulusan-lulusan SMA mau menjadi TNI/polri kita akan mempermudah tahapannya, jika melanjutkan ke perguruan tinggi kita memberikan beasiswa. Kami juga akan mendata berapa orang yang berkeinginan membuka usaha akan kita berikan modal usaha, dan bagi siswa melanjutkan ke kampus digratiskan, “paparnya.

Untuk program kesehatan gratis lanjut Basri pihaknya juga akan menyiapkan setiap kecamatan di maluku utara satu tenaga dokter untuk melayani masyarakat terutama daratam halmahera yang sangat minim tenaga dokter.

” Wilayah Maluku Utara dengan jumlah kurang lebih 119 kecamatan masa sih tidak bisa kita sekolahkan satu dokter setiap kecamatan. Kita punya kemampuan untuk jadikan Dokter setiap kecamatan, dan kita mampu itu, “.

” Jadi ini gambaran singkat program- program kami yang akan dilakukan saat terpilih memimpin maluku Utara, “pungkasnya.***

Editor    : Armand

Penulis : Riko Noho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *