Klikfakta.id, TERNATE —Dua unit mobil rusak berat milik Kantor  Badan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kota Ternate di Kelurahan Dufa-Dufa, Kecamatan Ternate Utara dilalap si jago merah alias terbakar sekira pukul 12.10 WIT, Minggu 15 September 2024 siang tadi.

Fadli salah satu saksi yang masih pelajar menerangkan, pada pukul 10:00 WIT Ia bersama dengan teman-temannya Ais, Idik, Safayla, Ikmal, dan Ikbal sedang bermain bola tidak jauh dari dua mobil dengan merek Isuzu dan Bus rusak yang tidak digunakan sekira 5 tahun.

Ia bersama temannya yang lain beristirahat sejenak. Selang beberapa menit temanya bernama Ikmal berjalan menuju mobil dan melihat David membakar dos menggunakan korek gas tepat di belakang mobil Isuzu.

Dari situ membuat asap keluar dari dalam mobil tersebut. Fadli yang melihat kumpulan asap yang keluar dari mobil seketika panik, dan langsung memanggil Pamanya bernama Ian.

” Dari keterangan dari Fadli mengatakan kepada pamanya bahwa mobil terbakar sampai asap sudah keluar. Saat pamanya Ian sampai dilokasi keadaan mobil Isuzu dan mobil bus tersebut sudah mulai terbakar, ” terang Kasi Humas Polres Ternate, AKP Umar Kombong mengutip keterangan saksi Fadli.

Sementara saksi lainya bernama Karmila Ismail selaku IRT menyampaikan, saat itu sekira pukul 12.15 WIT dirinya sedang berada di rumah mertua.

Namun tidak lama kemudian ada warga yang berteriak kebakaran.

Mendengar hal tersebut, ia langsung keluar dari rumah melihat ternyata ada asap hitam keluar dari kantor BPPKB Ternate.

“Setelah itu saksi langsung lari menuju ke kantor tersebut namun pada saat berada di samping kantor saksi ditarik keluar oleh anaknya yang sudah berada di TKP dikarenakan asap tersebut sudah tebal sehingga hanya melihat dari luar kantor,” katanya.

Sementara saksi Fardhani Sidik salah satu pegawai BPPKB mengaku, dirinya sedang tidur di rumahnya yang tidak jauh dari TKP.

Tidak lama kemudian langsung dibangunkan oleh kakaknya yang mengatakan kepadanya kantornya ada kebakaran.

Ketika mendengar dirinya langsung mengambil motor dan pergi ke kantor.

Setibamya di lokasi kejadian, ia langsung memarkirkan motor didepan indomart , saat itu langsung masuk ke halaman kantor dan mematikan meteran listrik kantor.

Fardhani kemudian diberikan kunci Oleh saksi Karmila, dan langsung membuka pintu kantor untuk masuk ke dalam kantor, kemudian berjalan kearah belakang kantor namun asap sudah tebal jadi langsung keluar dari dalam kantor.

“Saksi sempat melihat disamping kantor bahwa ada mobil dinas milik kantor yang berukuran kecil sudah tebakar,” katanya.

Sementara saksi Rajham Makaia yang juga Kepala Dinas Kadis BPPKB mengaku mengetahui adanya peristiwa tersebut dari stafnya Fardhani yang menelponnya sekira pukul 12:10 WIT untuk hubungi pemadam kebakaran.

Informasi yang diperoleh dari Fardhana menyebutkan bahwa ada sekelompok anak kecil main bola di belakang kantor dan terjadi kebakaran.

Mendapat informasi tersebut, Rajham Makaia langsung menelpon Dinas Kebakaran untuk turun di lokasi TKP.

Dimana setelah menelpon dinas kebakaran, dirinya langsung ganti pakaian dan menuju ke TKP.

Sesampainya di TKP dua unit mobil dinas berhasil di padamkan oleh unit Damkar Kota Ternate.

” Setelah menerima laporan tersebut, Reskrim unit Jatanras langsung Identifikasi bersama anggota Intel Polres Ternate juga turun ke TKP dengan anggota Polsek Ternate Utara, ” jelasnya.

Polres lanjut Umar, akan berkoordinasi dengan pihak Polsek Ternate Utara terkait penyelidikan dua unit mobil dinas yang terbakar itu, serta berkoordinasi untuk menerima aduan dari pihak yang merasa dirugikan dari kejadian mobil dinas terbakar.

Satu unit mobil penerangan bermerk Isuzu D. Cabin dengan nomor Polisi DG 8034 KT rusak berat sekira enam tahun.

Dan unit mobil merk Isuzu Bus dengan nomor Polisi DG 7051 KT yang juga rusak berat sekira 4 tahun.

“Pada Pukul 12:30 WIT dua unit Damkar Kota Ternate tiba di TKP pada pukul 13:00 WIT langsung berhasil memadamkan api jumlah kerugian dua unit mobil berkisar 100 Jutaan, ” pungkas Umar. ***

Editor    : Armand

Penulis : Saha Buamona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *