Klikfakta.id, HALTENG — Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Tengah (Halteng) nomor urut 2, Edi Langkara dan Abd Rahim Odeyani (ElangRahim) berkomitmen jadikan Wairoro, Kecamatan Weda Selatan, sebagai pusat perdagangan dan perbelanjaan.

Hal itu disampaikan oleh calon Bupati Halteng Edi Langkara didampingi Wakilnya Abd Rahim Odeyani, ketua tim pemenangan Kabupaten Yanto Asri dan pimpinan partai Koalisi serta rombongan.

Kedatangan ElangRahim dan para rombongan di Desa Wairoro disambut meriah oleh ribuan Warga dengan tarian Cakalele dan Jaipong.

Elang mengatakan bahwa, pasangan Elang-Rahim juga akan menjadikan Wairoro sebagai pusat perbelanjaan dan perdagangan untuk mengurangi biaya tranportasi para petani yang ada disini.

Bahkan masyarakat maluku utara, terutama di daratan halmahera, dan termasuk halmahera selatan seperti masyarakat Gane juga melakukan perbelanjaan disini.

“Sehingga Wairoro ini berkembang maju, karena semua masyarakat yang melintasi pasti singgah berbelanja,” ukar Elang pada kampanye terbatas di Weda Selatan pada Pilkada Halteng 2024, Kamis 26 September 2024 sekira pukul 14:00 WIT sore tadi.

Paslon ElangRahim juga memprioritaskan Infastruktur pembangunan kesehatan, dan akan menciptakan investasi di berbagai sektor pertanian, program birokrasi dan penataan birokrasi yang baik.

Menurutnya pada periode lalu Bupati dan wakil Bupati ElangRahim telah mengusung tema untuk masyarakat sejahtera dengan membuat 5 program agenda penting yaitu infrastruktur wilayah dan jalan serta jembatan.

“Weda Selatan, Weda Tengah, dan Utara, serta Pulau Gebe, maupun Patani, pada umumnya Elang-Rahim akan melihat secara merata,” tukasnya.

Elang mengungkapkan sebelumnya sudah membangun jalan-jalan, bahkan berencana melakukan terobosan jalan lingkungan, tetapi karena Covid-19 melanda, maka tidak diselesaikan.

“Akan tetapi dengan niat baik kita, mengangkat harkat dan martabat masyarakat Weda Selatan dan pada Umumnya Masyarakat Halteng,” paparnya.

ElangRahim jika terpilih, maka tahun pertama akan membuat fasilitas petani, mereka harus dipriyoritskan, artinya mereka bertanam, mereka yang memetik hasilnya, trus mereka bawa ke pusat-pusat belanja.

“Tahun 2025 Elang-Rahim bercita-cita bersihkan seluruh kawasan Wairoro dan sekitarnya, agar masyarakat bisa menikmati air bagus dan penanaman juga bagus,” imbuhnya.

Bahkan kata Elang jika Elang-Rahim Rahim terpilih, maka akan lahirkan Weda Selatan menjadi dua Kecamatan dan 1000 rumah layak huni dihadirkan untuk membantu memecah masalah yang di desa-desa, seperti dalam satu rumah 2-3 rumah tangga itu tuntaskan supaya semua generasi lahir tumbuh bagus.

ElangRahim akan menuntaskan jalan ini, termasuk jalan produksi di pusat sawah dan lain sebagainya, bahkan melihat tentang potensi masyarakat Weda Selatan. Kemudian dengan PTT yang sudah diberhentikan itu paslon Elang-Rahim akan mengembalikan sebanyak 2000 orang.

“Bagi anak-anak yang sudah sarjana kami akan rekrut 2000 lagi, jadi tolong sampaikan ke mereka, bahwa lebih memperbanyak di Desa-desa dan Kecamatan,”sebutnya.

“Guru dan Kesehatan yang akan kita prioritas, termasuk pertanian, kita juga akan optimalisasi lahan yang ada ini, dimasa sehat atau massa yang tidak ada serangan penyakit Insya allah kita akan optimalkan lagi lebih banyak, ” imbuhnya.

Sementara itu calon wakil Bupati Halteng Abd Rahim Odeyani dengan sapaan akrabnya Imo dalam orasi politiknya menyoroti program Rumah Layak Huni (RLH) dari mantan Pj. Bupati Ikram Malan Sangadji yang kini juga maju Pilkada 2024.

Menurut Imo, RLH itu bersumber dari APBD dan itu tidak layak untuk dihuni.

Karena selain ukuran kecil, konstruksi bangunannya terutama tiang rumah tidak terbuat dari besi melainkan kayu sehingga usia bangunannya tidak bisa menjamin.

“Calon pemimpin Halmahera Tengah harus memahami suasana kebathinan masyarakat, jangan hanya datang membawah beras 5 kilogram. dengan buat janji program RLH, padahal rumah yang dibangun tidak layak,” terang Imo.

Ketua Partai NasDem Halteng itu juga berharap masyarakat agar tidak tergiur dengan janji palsu dari kandidat dan tim sukses tertentu.

“Pilkada 2024 adalah momentum strategis untuk menentukan arah pembangunan Halteng yang jelas demi eksistensi generasi di masa mendatang,” pungkasnya. ***

Editor    : Armand

Penulis : Saha Buamona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *