Klikfakta.id, KEPSUL – Komando Distrik Militer 1510/Sula menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke- 79 Tahun 2024, pada Sabtu (5/10/2024).

Upacara tersebut berlangsung di lapangan sepak bola Kodim 1510/Sula, Desa Fagudu Kecamatan Sanana Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Upacara hari lahir militer Tanah Air ini mengusung tema “TNI Modern bersama Rakyat, Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”.

Dandim 1510/Sula Letkol. Inf Efran Tri Hernowo menjadi inspektur upacara menyampaikan, HUT Tentara Nasional Indonesia diperingati setiap tanggal 5 Oktober, tahun ini, HUT TNI ke -79 Tahun.

“Dengan rasa hormat dan penghargaan kepada seluruh prajurit atas dedikasi dan integrasinya dalam menjalankan tugas sehingga TNI saat ini terus mendapatkan kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia,” ungkap Dandim.

“Janganlah menjadi kita yang lengah dan cepat berbangga diri karena masih ada hal-hal yang harus kita penai, sehingga TNI benar-benar dapat diandalkan dalam menjaga bangsa melindungi keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945,” tambahnya.

Dandim juga mengatakan, para TNI harus memiliki kemampuan dasar tempur, mahir bela diri taktis sekaligus mampu mengoperasikan dan memelihara alutsista yang berteknologi tinggi.

“Prajurit TNI harus bekerja keras dan bekerja secara ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan memanfaatkan peluang memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan dengan dilandasi semangat gotong royong dan sinergis kita bersama komponen bangsa lainnya, ” paparnya.

“Sekecil apapun sikap dan tindakan kurang bijak akan dapat mengganggu bahkan merusak jati diri dan sebagai tentara rakyat, tentara pejuang tentara nasional dan tentara profesional, ” jelasnya.

Oleh karena itu, Prajurit TNI harus bekerja keras dan bekerja secara ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan memanfaatkan peluang memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan dengan dilandasi semangat gotong royong dan sinergis kita bersama komponen bangsa lainnya.

“Bila hal ini dapat terwujud, transformasi TNI menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di kancah regional maupun internasional akan menjadi suatu keniscayaan, ” imbuhnya.

“Saya ingin mengingatkan kepada seluruh Prajurit bahwa kita dituntut untuk mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat diatas kepentingan pribadi, ” pungkas Dandim. ***

Editor    : Armand

Penulis : Sudirman Umawaitina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *