Klikakta. Id, HALUT– Pasangan calon bupati dan wakil bupati Halmahera Utara, nomor urut 3, Stevi Pasimanyeku dan Abdul Azis Hakim( SEHATI) menyoroti kondisi ekonomi di halmahera utara yang semakin menurun( deflasi).

Cabup Stevi menyampaikan bahwa, kondisi perekonomian di halut saat ini sedang tidak dalam keadaan baik baik saja.

Berbagai keluhan bermunculan diantara soal kenaikan harga kebutuhan pokok di susul turunya daya beli masyarakat.

” Kondisi seperti ini di biarkan terus menerus tanpa ada solusi sama sekali. Stefi menduga, ini terjadi lantaran minimnya sumber daya manusia (SDM) terutama di birokrasi, “ujar Stevi saat menggelar kampanye di Desa Gulo, Kecamatan Kao Utara, Sabtu(19/10/2024) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Stevi juga menyebutkan sejumlah solusi untuk mengatasi kondisi perekonomian di Halut hanya butuh perombakan secara total baik itu kebijakan maupun sistem birokrasi sudah tentu ditunjang dengan SDM yang mampu sesuai bidangnya masing masing.

Stevi juga mengungkapkan memaparkan sejumlah program Paslon nomor urut -3.

Diantaranya soal pembangunan infrastruktur jalan sebagai akses ekonomi, kesehatan dan pendidikan serta kesejahtraan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga sebagai faktor utama peningkatan perekonomian di Halut.

” Perlu di ketahui bahwa kondisi daerah saat ini tidak dalam keadaan baik baik saja. Banyak persoalan yang kita hadapi saat ini yaitu kesulitan ekonomi ini juga menjadi perhatian kami selama ini, solusinya ialah adanya perbaikan tentunya dari sisi birokrasi serta kebijakan yang tidak memihak kepada rakyat,” tegas Stevi.

Sementara itu juru kampanye paslon 03 Decky Tawaris yang juga mantan Kepala Dinas Diskominfo Halut dalam orasinya menyampaikan bahwa, program yang di jalankan oleh paslon 03 ketika terpilih nanti merupakan program yang sesuai dengan kondisi rakyat saat ini yakni biaya kuliah gratis serta kesehatan gratis.

Dengan begitu masyarakat terutama generasi muda dapat melanjutkan sekolah di perguruan tinggi tanpa mengharapkan biaya sekolah dari orang tua.

Sebagai mantan pejabat eselon II di jajaran Pemkab Halut, dirinya mengetahui betul sistem birokrasi serta program pemda Halut yang dinilai gagal.

Salah satunya ialah program biaya kesehatan gratis kerja sama BPJS hingga kini sudah tidak ada lantaran pemda terlilit hutang cukup besar.

Menurut dia program yang juga menjadi perhatian khusus paslon 03 yaitu program pemberdayaan masyarakat.

Selain itu juga peningkatan program disektor pertanian, perikanan maupun di sektor kelautan.

Menanggapi hal tersebut, ratusan warga Desa Gulo yang hadir saat itu berharap agar Stevi-Azis ketika terpilih dapat membawa Halut menuju perbaikan total tentunya di segala lini. (red) 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *