Klikfakta. id, HALBAR– Pasangan calon bupati dan wakil bupati Halmahera Barat nomor urut 3, James Uang- Djufri Muhammad (JUJUR) menggelar kampanye di desa Bobanehena, Kecamatan Jailolo, Rabu 23 Oktober 2024 malam.

Kampanye dihadiri secara langsung oleh calon bupati dan wakil bupati James UangDjufri Muhammad, ketua tim relawan Ahmad Zakir Mando, Ketua DPRD Halbar Ibnu Saud Kadim, serta ribuan pendukung.

Ketua tim relawan, Ahmad Zakir Mando dalam sambutanya menyampaikan, paslon JUJUR tidak pernah mengecewakan dan selalu menyemangati seluruJamestownh masyarakat halmahera barat.

Terutama pada titik-titik kampanye. Walaupun malam ini ada jadwal yang bersamaan tetapi menunjukan kebersamaan di hadapan masyarakat.

Hal ini tentunya pertanda luar biasa, dimana Zakir yang juga sebagai mantan bupati halbar mengaku agak sedikit cemburu terhadap bupati dm wakil bupati.

” Ada cemburu-cemburu karena kenapa? saya dulu bersama bupati( Dani Missy, red) tidak sama seperti mereka berdua, mereka punya kasih sayang itu berbeda dengan kami dulu- dulu, “sebut Zakir.

Zakir mengatakan, hari ini jangan dulu berpikir politis yang berlebihan. Akan tetapi saat ini yang perlu disyukuri bahwa Ibnu Saud Kadim menjadi ketua DPRD Halbar.

Hal ini tentunya menjadi kebanggaan yang perlu dirawat dan menjadi komitmen semua pihak.

” Saya berharap kepada simpatisan pada masa lalu jangan bergabung di tempat yang lain saya sudah disini, maka semuanya harus kesini semua. Saya punya pendukung yang lalu-lalu jangan ada yang tercecer kamari semua suda, “serunya.

Zakir yang juga mantan ketua DPD Partai Golkar Halbar ini juga mengaku, sebagian kekuatan Golkar saat ini telah bergabung ke paslon JUJUR, mulai dari Jailolo sampai Loloda yang telah dibentuk diarahkan harus masuk di paslon JUJUR.

” Dan itu bukti pada hari ini semua masuk ke paslon JUJUR, kenapa semua dikerahkan ke JUJUR? , karena diantara 4 kandidat mereka berdua yang paling baik, “sebutnya.

” Kalau mau bicara baik semua ini putra orang Halbar. Semua baik tapi yang terbaik ada di paslon JUJUR, makanya saat ini saya juga bergbung, karena mereka ini( JUJUR, red) pilihan dan saya menjaga dan merawat karena saya tidak mau ada kepala-kepala yang tipu- tipu rakyat, lanjutnya.

Paslon JUJUR sambung Zakir, selama 3,5 tahun memimpin Halbar jika dilihat banyak tantangan dan cobaan.

” Tetapi dalam cobaan dan tantangan itu meraka selalu hadapi demi kepentingan Kabupaten Halmahera barat lebih baik. Tantangan tersebut baik Covid -19, utang dan macam-macam, Utang kepemimpinan saya dan Danny Missy sebelumnya juga dibawah kepemimpinan JUJUR mereka bayar, ” cetusnya.

” Saya meminta dari Roriabati sampai loloda jadi kalian melihat kuat atau tidak kalian harus mengukur jangan mengukur dari kampung tetapi mengukur dari atas sampai kabawa ukurannya apa, standarnya apa, kita tidak bisa melihat orang SMS, WhatsApp, tetapi ukurannya apa kita melihat survei yang membuktikan siapa yang kuat, ” tegas Zakir.

Sementara calon bupati James Uang menjelaskan, kepemimpinan JUJUR pada periode kedua jika terpilih akan dikawal 12 anggota DPRD Halbar dari 25 anggot DPRD.

” Artinya bahwa 12 anggota DPRD yang nantinya akan mengawal jalannya pemerintahan. Itu artinya bahwa kedepan kita akan dengan mudah kerjasama antara Pemda dan DPRD, ” ujar James

” Kalau kemarin-kemarin saya dengan Wakil pak Djufri capek, karena dari 25 anggota DPRD kita hanya punya 5 orang. Jadi kalau bahas APBD kami capek sekali, karena harus lobi dengan mereka. Tapi kali ini kekuatan kita sudah 12 orang tinggl tambah saja sudah melebihi 50 persen untuk mengawal kebijakan yang ada di DPRD Halbar, ” tandasnya.

James menambahkan, sesuai ketentuan Undang-undang bahwa setiap pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah itu wajib berkampanye di seluruh wilayah di halbar.

Tercatat paslon JUJUR saat ini, kurang lebih 40 titik yang sudah didatangi, termasuk desa Bobanehena.

James mengungkapkan, dirinya bersama wakil bupati Djufri Muhammad dilantik pada 21 Pebruari 2021.

Dimana pasca dilantik diperhadapkan dengan tiga persoalan besar. Yakni Covid- 19 yang waktu itu diketahui bersama bahwa semua warga harus gunakan masker.

Dalam situasi ini, anggaran dipotong tidak sedikit oleh pemerintah pusat dengan tujuan untuk konsentrasi penanganan covid-19 waktu itu.

Masalah kedua, adalah pemerintahan sebelumnya meninggalkan beban utang Rp 135 miliar lebih. Sementara masa jabatan hanya 3 tahun lebih.

” Oleh karena itu maka ada program dan visi misi yang kami canangkan tahun 2020 itu terkesan keterlambatan berjalan karena memang seperti tadi yang saya sampaikan, “beber James.

Meski demikian namun menurut James, dari 7 program prioritas yang dijalankan pada periode pertama, telah dijalankan.

Diantaranya, adalah halmahera barat sehat, dengan alokasi anggaran Rp15 miliar ke BPJS. Tujuanya untuk menggratiskan 1.300 jiwa penduduk halbar kurang mampu, yang saat ini telah memegang kartu Halmahera Barat Sehat

Diakhir sambutannya, James menyampaikan yel- yel JUJUR menang, JUJUR lantik, JUJUR lanjutkan, yang diikuti ribuan pendukung dan simpatisan yang memadati lokasi kampanye. ***

Editor     : Armand

Penulis : Riko Noho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *