Klikfakta.id, KEPSUL — Menyambut Hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Sula yang ke-21 Tahun 2024, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar pelayanan KB, berlangsung di depan Benteng De Verwacthing Sanana, Kamis (30/5/2024).

Kepala Dinas PPKB Marini Nurali kepada Klikfakta.id menyatakan, ini adalah salah satu program nasional dari BKKBN yang dilaksanakan oleh DPPKB Sula.

“Jadi dalam satu tahun itu kita memilih satu momen untuk pelaksanaan pelayanan KB, kemarin di awal tahun ketika kita dimintai program dan di momen apa kita melaksanakan pelayanan KB, saya memilih untuk pelayanan KB itu di saat HUT Kabupaten Kepulauan Sula,” katanya.

Marini mengatakan, informasi tersebut sudah disampaikan ke masyarakat luas karena momen ini berkumpulnya semua kecamatan di pusat Kabupaten

“Karena ini merupakan informasi penting yang dapat disampaikan secara tidak langsung dan bisa didukung oleh kecamatan dan desa-desa lainnya yang jauh dari Kabupaten,” terangnya.

Dia menjelaskan, jauh dari sebelumnya sudah melaksanakan pelayanan ini secara serentak 12 Kecamatan, tetapi puncaknya pada hari ini di Kabupaten.

“Jadi sebelum ke sini itu teman-teman sudah melaksanakan pelayanan di semua Kecamatan, yaitu 12 Kecamatan yang di Kabupaten Kepulauan Sula. Tujuan saya itu salah satunya adalah percepatan stunting, KB yang dulunya keluarga berencana sekarang itu dia berubah menjadi keluarga berkualitas,” ujarnya.

Marini menyebut, sampai pada HUT Kabupaten yang ke-21 Tahun ini pelayanan KB sudah mencapai 100 persen.

“Alhamdulillah kita sudah mencapai 100 persen di moment HUT Kabupaten itu selalu di atas 75 sampai 100 persen jadi kita kita termasuk kabupaten yang melaksanakan pelayanan terbaik,” tandasnya.

“Saya berharap ini adalah peningkatan, karena kita mengharapkan ada peningkatan sasaran KB maka percepatan pelayanan stunting juga akan meningkat, Alhamdulillah di tahun kemarin kita ada penurunan 0,8 persen dan di tahun ini kita mengalami kenaikan sekitar 7 persen ,mudah-mudahan di tahun ini kita bisa mencapai target nasional yaitu penurunan dibawah 14 persen,” pungkas Marini.***

Editor    : Armand

Penulis : Sudirman Umawaitina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *