Klikfakta.id, KEPSUL – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC).

Kepala Dinas Kesehatan Suryati Abdullah kepada Klikfakta.id menyatakan, inisiatif pelayanan jaminan kesehatan nasional ini yang ditujukan untuk masyarakat setempat.

Selain UHC, Dinkes Sula juga melaksanakan pengobatan gratis melalui program Penyakit Tidak Menular (PTM)

Selain meluncurkan UHC, Dinkes juga menyediakan layanan pengobatan dan pemeriksaan gratis untuk masyarakat sula.

“Pelaksanaan kegiatan ini, kami juga membuka layanan pengobatan dan pemeriksaan PTM. Jadi, masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan kesehatan untuk pemeriksaan tiga serangkai yaitu gula darah, kolesterol, dan asam urat,” katanya, Kamis 30 Mei 2024.

Tm medis yang membantu kegiatan PTM ini berasal dari UPT Puskesmas Waiboga dan Puskesmas Sanana.

Pemkab melalui Dinas Kesehatan lanjut Suryati, pada momentum HUT Kabupaten juga akan menyerahkan 17 unit mobil dinas ke 12 Puskesmas, yang dijadwalkan akan diserahkan pada puncak peringatan HUT Kabupaten, Jumat 31 Mei 2024 nanti.

” Langkah-langkah ini saya berharap dapat memperkuat sistem kesehatan di Kepulauan Sula dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” ujar Suryati.

Sekedar informasi, perayaan HUT kabupaten ke-21 dipusatkan di depan Benteng De Verwacthing Sanana, dihadiri Bupati Fifian Adeningsi Mus, yang turut melakukan pemeriksaan kesehatan lewat program PTM.***

Editor    : Armand

Penulis : Sudirman Umawaitina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *